Minggu, 26 Februari 2017

Apakah perlu pembelajaran berbasis ICT?

hai.. hai... sahabat blogger diseluruh tanah air annyeong haseyo? hehe, sebelumnya selamat datang di my blog hehehe, oh iya di postingan kali ini mimin ingin membahas tentang ICT, oh iya sebelum membahas lebih mendalam tentang ICT, sahabat blogger udah tau belum apasih singkatan dari ICT itu? ICT itu singkatan dari (Information and Communication Technologies / ICT) atau dalam bahasa indonesianya TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
 Apakah perlu Pembelajaran berbasis ICT itu?
 Dalam menghadirkan fungsi teknologi asas praktis, efektif dan efisien menjadi acuan utama. Artinya kalau kehadirannya justru menyulitkan dan menambah beban materi dan waktu maka kehadiran TIK justru tidak ada gunanya. Namun rasanya hal ini tidak akan terjadi di era informasi ini. Di mana perangkat komunikasi nirkabel sudah merambah sampai ke pelosok pedesaan. Kehadiran teknologi ini harus digunakan sebaik-baiknya dengan pengelolaan yang tepat. 

nah selain itu kita juga perlu mengenal prinsip-prinsip pembelajaran berbasis ICT juga, prinsip-prinsipnya itu antara lain, 

1.                  Efektif dan efisien. Penggunaan ICT harus memperhatikan manfaat dari teknologi ini dalam hal mengefektifkan belajar, meliputi pemerolehan ilmu, kemudahan dan keterjangkauan, baik waktu maupun biaya. 
2.                  Optimal. Dengan menggunakan ICT, paling tidak pembelajaran menjadi bernilai “lebih” daripada tanpa menggunakannya. Nilai lebih yang diberikan ICT adalah keluasan cakupan, kekinian (up to date), kemodernan dan keterbukaan.
3.                  Menarik. Artinya dalam prinsip ini, pembelajaran dikelas akan lebih menarik dan memancing keingintahuan yang lebih. Pembelajaran yang tidak menarik dan memancing keingintahuan yang lebih akan berjalan membosankan dan kontra produktif untuk pembelajaran. 
4.                  Merangsang daya kratifitas berpikir pelajar. Dengan menggunakan ICT tentu saja diharapkan pelajar mampu menumbuhkan kreativitasnya dengan maksimal yang terdapat didalam diri mereka. Seorang anak yang mempunyai kreativitas tinggi tentunya berbeda dengan pelajar yang mempunyai kreativitas rendah. Pelajar yang mempunyai kreativitas tinggi tentunya akan mampumenyelesaikan permasalahan dengan cepat dan tanggap terhadap permasalahan yang muncul. Begitu pula sebaliknya dengan pelajar yang berkreativitas rendah.
 Dengan demikian, tujuan ICT akan sejalan dengan tujuan pendidikan itu sendiri ketika digunakan dalam pembelajaran. Penggunaan ICT tidak justru menjadi penghambat dalam pembelajaran namun akan memberi manfaat yang lebih dalam pembelajaran.
  selain prinsip-prinsip masih banyak lagi yaitu aplikasi maupun dampak positif negatifnya dalam pembelajaran berbasi ICT ini loh, tergantung cara penggunanya yang ingin mengarah ke penggunaan positif atau negatifnya. 

 Jadi dapat mimin tarik kesimpulan bahwa apakah perlu pembelajaran berbasis ICT itu?
Dengan prinsip penggunaan ICT yang efektif dan efisien, optimal, menarik dan merangsang daya kreativitas siswa, ICT menjadi salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan di berbagai bidang pendidikan karena meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam prosem pembelajaran. Penggunaan ICT dalam pembelajaran antara lain sebagai tutorial, alat aolikasi dan komunikasi, sedangkan penerapan ICT dalam dunia pendidikan adalah berupa buku elektronik dan e-learning. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan mutlak dilakukan untuk menjawab permasalahan dibidang pendidikan terutama akses dan pemerataan serta mutu pendidikan. Semuanya akan berjalan lancar tergantung dengan kondisi teknologi dan jaringan yang tersedia. Standarisasi dan pemanfaatan ICT dalam pendidikan sangat penting untuk menjamin mutu proses dan hasil pendidikan.
 oke baiklah sahabat blogger sekian penjelasan mimin tentang pembelajaran berbasis ICT, sampai jumpa di postingan mimin selanjutnya. 
jangan lupa di komen dan like ya sahabat blogger setanah air, Happy Reading :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar