hai.. hai... sahabat blogger diseluruh tanah air annyeong haseyo? hehe, sebelumnya selamat datang di my blog hehehe, oh iya di postingan kali ini mimin ingin membahas tentang ICT, oh iya sebelum membahas lebih mendalam tentang ICT, sahabat blogger udah tau belum apasih singkatan dari ICT itu? ICT itu singkatan dari (Information and Communication Technologies / ICT) atau dalam bahasa indonesianya TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Apakah perlu Pembelajaran berbasis ICT itu?
Dalam
menghadirkan fungsi teknologi asas praktis, efektif dan efisien menjadi acuan
utama. Artinya kalau kehadirannya justru menyulitkan dan menambah beban materi
dan waktu maka kehadiran TIK justru tidak ada gunanya. Namun rasanya hal ini
tidak akan terjadi di era informasi ini. Di mana perangkat komunikasi nirkabel
sudah merambah sampai ke pelosok pedesaan. Kehadiran teknologi ini harus
digunakan sebaik-baiknya dengan pengelolaan yang tepat.
nah selain itu kita juga perlu mengenal prinsip-prinsip pembelajaran berbasis ICT juga, prinsip-prinsipnya itu antara lain,
1.
Efektif dan efisien. Penggunaan ICT harus
memperhatikan manfaat dari teknologi ini dalam hal mengefektifkan belajar,
meliputi pemerolehan ilmu, kemudahan dan keterjangkauan, baik waktu maupun
biaya.
2.
Optimal. Dengan menggunakan ICT, paling
tidak pembelajaran menjadi bernilai “lebih” daripada tanpa menggunakannya.
Nilai lebih yang diberikan ICT adalah keluasan cakupan, kekinian (up to date),
kemodernan dan keterbukaan.
3.
Menarik. Artinya dalam prinsip ini,
pembelajaran dikelas akan lebih menarik dan memancing keingintahuan yang lebih.
Pembelajaran yang tidak menarik dan memancing keingintahuan yang lebih akan
berjalan membosankan dan kontra produktif untuk pembelajaran.
4.
Merangsang daya kratifitas berpikir
pelajar. Dengan menggunakan ICT tentu saja diharapkan pelajar mampu menumbuhkan
kreativitasnya dengan maksimal yang terdapat didalam diri mereka. Seorang anak
yang mempunyai kreativitas tinggi tentunya berbeda dengan pelajar yang
mempunyai kreativitas rendah. Pelajar yang mempunyai kreativitas tinggi
tentunya akan mampumenyelesaikan permasalahan dengan cepat dan tanggap terhadap
permasalahan yang muncul. Begitu pula sebaliknya dengan pelajar yang
berkreativitas rendah.
Dengan demikian, tujuan ICT akan sejalan
dengan tujuan pendidikan itu sendiri ketika digunakan dalam pembelajaran.
Penggunaan ICT tidak justru menjadi penghambat dalam pembelajaran namun akan
memberi manfaat yang lebih dalam pembelajaran.
selain prinsip-prinsip masih banyak lagi yaitu aplikasi maupun dampak positif negatifnya dalam pembelajaran berbasi ICT ini loh, tergantung cara penggunanya yang ingin mengarah ke penggunaan positif atau negatifnya.
Jadi dapat mimin tarik kesimpulan bahwa apakah perlu pembelajaran berbasis ICT itu?
Dengan prinsip penggunaan ICT
yang efektif dan efisien, optimal, menarik dan merangsang daya kreativitas
siswa, ICT menjadi salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan di
berbagai bidang pendidikan karena meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam
prosem pembelajaran. Penggunaan ICT dalam pembelajaran antara lain sebagai
tutorial, alat aolikasi dan komunikasi, sedangkan penerapan ICT dalam dunia
pendidikan adalah berupa buku elektronik dan e-learning. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan
mutlak dilakukan untuk menjawab permasalahan dibidang pendidikan terutama akses
dan pemerataan serta mutu pendidikan. Semuanya akan berjalan lancar tergantung
dengan kondisi teknologi dan jaringan yang tersedia. Standarisasi dan
pemanfaatan ICT dalam pendidikan sangat penting untuk menjamin mutu proses dan
hasil pendidikan.
oke baiklah sahabat blogger sekian penjelasan mimin tentang pembelajaran berbasis ICT, sampai jumpa di postingan mimin selanjutnya.
jangan lupa di komen dan like ya sahabat blogger setanah air, Happy Reading :)

Tidak ada komentar:
Posting Komentar